Makalah Pengolahan Limbah Kertas

 KATA PENGANTAR

 

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Makalah ini dibuat sebagai tugas dari guru mata pelajaran tentang pengolahan sampah atau limbah. Selain itu tujuan dari makalah ini adalah agar pembaca dapat mengenal, mengetahui sumber, dampak, cara menangani atau proses pengolahan sampah atau limbah  serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya yang dibahas dalam makalah ini.

Selanjutnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyususn makalah sehingga makalah ini dapat selesai.

Penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca apabila ada kesalahan dalam makalah ini, sehingga menjadi landasan bagi penulis dalam membuat karya yang lain.

Akhirnya segala puji hanya kepada Allah SWT. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca utamanya bagi penulis sendiri dan mendapat rahmat dari Allah SWT.

Amin..

 

Barru, 10 Juni 2012

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………… i

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………….. ii

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………………….. 1

1.1 Latar Belakang……………………………………………………………………………………….. 1

1.2 Tujuan……………………………………………………………………………………………………. 1

1.3 Rumusan Masalah…………………………………………………………………………………… 2

BAB II LANDASAN TEORI………………………………………………………………………………. 3

2.1 Sumber Limbah Kertas…………………………………………………………………………….. 3

2.2 Dampak Limbah Kertas Dalam Kehidupan Manusia……………………………………. 3

2.3 Manfaat Limbah kertas……………………………………………………………………………. 3

2.4 Proses Pengolahan Limbah Kertas…………………………………………………………….. 4

BAB III PROSEDUR KERJA……………………………………………………………………………… 6

3.1 Alat dan Bahan……………………………………………………………………………………….. 6

3.2 Langkah kerja…………………………………………………………………………………………. 6

BAB IV PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………. 8

4.1 Manfaat Pengolahan Sampah…………………………………………………………………… 8

4.2 Nilai Ekonomi, Sosial dan Budaya……………………………………………………………… 8

BAB V PENUTUP………………………………………………………………………………………….. 9

5.1 Kesimpulan…………………………………………………………………………………………….. 9

5.2 Saran……………………………………………………………………………………………………… 9

Daftar Pustaka…………………………………………………………………………………………… 10

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang

 

Saat ini sampah sudah menjadi komsumsi masyarakat yang menjadi salah satuh kebutuhan penting, semakin banyaknya merek sampah yang baru mereka juga ingin mencoba seperti apa rasanya

 

Tidak tanggung-tanggung dari remaja sampai mengkomsumsi yang dinamakan sampah, sampah juga bila kita pandang sangat merungikan baik yang mengkomsumsinya maupun orang yang ada disekitar si konsumen.

 

 

 

1.2             Tujuan

Adapun tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :

-          Mengetahui sumber-sumber limbah kertas

-          Mengetahui dampak adanya limbah kertas

-          Mengetahui manfaat dari limbah kertas

-          Mengetahui pengolahan limbah kertas

 

1.3             Rumusan Masalah

-         Dari manakah limbah kertas itu berasal ?

-         Apa manfaat limbah kertas bagi manusia ?

-         Bagaimana proses pengolahan kertas ?

-         Bagaimana pengolahan limbah kertas menjadi barang yang bernilai guna ?


BAB II

 LANDASAN TEORI

2.1 Sumber limbah kertas

            Seiring perkembangan zaman dan teknologi diiringi perkembangan intelektual manusia yang mendorong manusia untuk terus menuntut pendidikan formal di sekolah.
Dari hal tersebut kebutuhan manusia akan kertas juga akan terus meningkat. Sekolah merupakan lingkungan kecil di mana manusia di dalamnya membutuhkan kertas karena di luar sana masih benyak masyrakat dari berbagai golongan yang juga menggunakan kertas sebagai kebutuhannya, misalnya karyawan kantor, arsitek dan masih banyak lagi.

            Limbah kertas berasal dari pengguna kertas seperti di atas karena limbah kertas merupakan kertas yang sudah tidak terpakai lagi oleh penggunanya sehingga penggunanya lebih cenderung membuangnya. Limbah kertas juga terdiri dari berbagai jenis di antaranya, kertas tulis, majalah, koran, karton atau pun pembungkus makanan.

 

2.2 Dampak limbah kertas dalam kehidupan manusia

            Dampak kertas terhadap lingkungan merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah kertas. Dampak ini ternyata sangat signifikan. Sebagaimana yang diketahui, kertas yang mulai digunakan sejak zaman dahulu sebagai alat bahan dasar untuk menulis, kini telah menjadi barang yang sudah tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Kertas terbuat dari bahan dasar pohon, untuk memenuhi kebutuhan manusia akan kertas maka ribuan pohon ditebang setiap tahunnya sehingga mengakibatkan rusaknya hutan yang merupakan paru-paru dunia dan juga mengakibatkan kelangkaan flora dan fauna.

Kebutuhan manusia yang berlebih terhadap kertas mengakibatkan bertambahnya produksi sampah kertas di lingkungan sekitar. Meskipun terbuat dari bahan organik yang bisa terurai, namun masih sering ditemukan tumpukan sampah yang terdiri dari kertas. Hal ini tentunya menjadi pemandangan yang tidak nyaman dan juga merupakan sumber penyakit.

2.3 Manfaat Limbah Kertas

Limbah kertas memiliki manfaat yang tak terduga karena dapat di aur ulang menjadi art paper dan dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti kartu ucapan, pelapis permukaan boks karton, tas, kap lampu, pengolahan sampah kertas ini sudah banyak di gunakan seluruh masyarakat tanpa mereka sadar bahwa bahan dari produk tersebut adalah dari sampah kertas.

Usaha ini sangat menarik karena dapat menciptakan sesuatu benda baru yang bermanfaat tentunya dengan modal yang tidak terlalu besar karena bahan baku utamanya adalah sampah kertas. Selain itu, dengan usaha ini berarti kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi volume sampah yang ada. Bahkan dengan pengolahan yang sederhana dan dikombinasikan dengan sampah alami dilingkungan sekitar kita maka aneka benda baru dapat bermanfaat dengan penampilan baru yang kaya akan nuansa alami. Atas ide tersebut, penulis berusaha membuat suatu bentuk baru diantaranya jam dari bahan pengolahan dengan pertimbangan souvenir seperti tempat foto dan tempat pinsil telah banyak dijumpai sehingga dengan souvenir jam dari bahan kertas pengolahan ini diharapkan dapat menjadi souvenir dari bahan kertas pengolahan yang sedikit berbeda dari biasanya.

 

2.4 Pengolahan Limbah Kertas

Pengolahan adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Pengolahan adalah salah satu strategi pengelolaan sampah
padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).
Material yang bisa dipengolahan terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses pengolahan. Pengolahan lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, pengolahan adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

Pada pemahaman yang terbatas, proses pengolahan harus menghasilkan barang yang mirip dengan barang aslinya dengan material yang sama, contohnya kertas bekas harus menjadi kertas dengan kualitas yang sama, atau busa polistirena bekas harus menjadi polistirena dengan kualitas yang sama. Seringkali, hal ini sulit dilakukan karena lebih mahal

 

dibandingkan dengan proses pembuatan dengan bahan yang baru. Jadi, pengolahan adalah proses penggunaan kembali material menjadi produk yang berbeda. Bentuk lain dari pengolahan adalah ekstraksi material berharga dari sampah, seperti emas dari prosessor komputer, timah hitam dari baterai, atau ekstraksi material yang berbahaya bagi lingkungan, seperti merkuri.

Pengolahan adalah sesuatu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari sampah. Proses pengolahan alumunium dapat menghemat 95% energi dan mengurangi polusi udara sebanyak 95% jika dibandingkan dengan ekstraksi alumunium dari tambang hingga prosesnya di pabrik. Penghematan yang cukup besar pada energi juga didapat dengan menpengolahan kertas, logam, kaca, dan plastik.

 

 

 

 

 

BAB III

PROSEDUR KERJA

            Pengolahan limbah kertas menjadi suatu kerajianan yang dipaparkan penulis pada makalah ini adalah pembuatan hiasan dinding.

3.1  Alat dan Bahan

  • Ø  Alat

-          Triplek/cetakan

-          Kuas

-          Baskom (atau wadah yang lain)

 

  • Ø  Bahan

-          Kertas koran bekas

-          Air

-          Semen

-          Cat

 

3.1  Langkah pembuatan

  1. 1.      Kertas koran bekas yang terah dikumpulkan direndam di air yang ada di baskom

 

  1. 2.      Hancurkan bubur kertas yang direndam dengan menggunakan tangan sampai menjadi bubur kertas. Pada praktek ini penulis membuat bubur kertas tidak terlalu halus agar mudah  memperoleh tekstur kasar pada produk.
  2. 3.      Setelah kertas hancur sesuai yang diinginkan, kurangi air pada baskom.
  3. 4.      Campur bubur kertas dengan semen dan aduk hingga rata.

 

  1. Setelah diaduk rata, kita bentuk campuran di atas triplek sesuai keinginan kemudian keringkan.

 

 

 

 

  1. 6.      Setelah kering kerajinan diwarnai dengan cat agar kelihatan lebih menarik.

 

 

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Manfaat Pengolahan yang dibuat

                Pengolahan yang dibuat sesuai dengan prosedur makalah ini berguna untuk mengurangi jumlah limbah kertas yang ada di masyarakat yang biasanya menjadi sumber penyakit sehingga juga mengurangi resiko terkena penyakit bagi masyrakat. Selain itu, hasil pengolahan juga dapat dijadikan suatu hiasan dinding sehingga sampah yang sebelumnya tidak memiliki nilai manfaat berubah menjadi benda yang memberi keindahan.

 

4.2 Nilai Ekonomi, Sosial, dan Budaya

  • Nilai Ekonomi.

Pengolahan sampah menjadi suatu produk yang bernilai guna dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat karena produk pengolahan merupakan suatu barang yang tak jarang memilki nilai jual tinggi. Dengan adanya kepedulian masyarakat terhadap pengolahan sampah tentunya juga akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

  • Nilai Sosial

Kegiatan pengolahan limbah akan meningkatkan kreativitas masyarakat terhadap apa saja yang ada di sekitarnya terkhususnya pada sampah. Selain itu, kegiatan pengolahan sampah biasanya dilakukan dalam suatu wadah atau kelompok-kelompok kecil yang dibentuk masyarakat sehingga masyarakat akan bekerja sama dalam proses pengolahan sampah untuk menghasilkan suatu produk sehingga juga meningkatkan rasa sosialis dalam masyarakat.

  • Nilai Budaya

Kegiatan pengolahan sampah dapat memunculkan ataupun mengembangkan suatu budaya yaitu budaya peduli lingkungan dengan membuat produk berguna dari sampah.

 

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Sampah merupakan hal kecil yang sering dilupakan , namun dapat menjadi masalah yang sangat besar apabila tidak ditangani secara serius. Dalam hal ini sampah plastik dan kertas merupakan masalah utama yang sering ditemui masyarakat, hal ini dikarenakan plastik dan kertas merupakan benda yang paling banyak digunakan manusia dan tentunya paling banyak dibuang dan menghasilkan sampah. Saat mendengar kata sampah mungkin hal yang ada di benak kita hanyalah benda kotor dan tidak berguna. Namun anggapan seperti itu tidak selalu benar, sampah juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi barang yang bernilai jual dan menguntungkan. Salah satunya kertas pengolahan, kartas pengolahan merupakan produk dari bahan kertas bekas. Bahan untuk membuat kertas pengolahan dapat berupa sampah koran, kardus ,dan lain-lain. Untuk membuat kertas pengolahan tidak membutuhkan proses yang rumit dan bahan yang mahal.

 

5.2 Saran

Dengan adanya makalah ini penulis mengharapkan agar kita bisa lebih mengenali dan memahami sumber-sumber sampah, dampak yang ditimbulkan serta pemanfaatan sampah khususnya sampah kertas sehingga kita dapat mengaplikasikannya dalm kehidupan sehari-hari.

 

Daftar Pustaka

file:///G:/daur-ulang-kertas-cara-tepat.html

http://www.google.co.id/search?q=pembuatan+limbah+koran+menjadi+hiasan+dinding&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

http://ekookdamezs.blogspot.com/2011/05/makalah-dampak-limbah-terhadap.html



 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s